Senin, 23 November 2009

Backup Data ke CD Memakai Nero



Oke my brother n sister, pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara membackup data atau bahasa yang sering dipakai ngeBurn (membakar) ke dalam cd atau dvd dengan menggunakan software nero. Tapi bukan ngajarin membajak nih. hehehe… tergantung ngamalin ilmunya aja gimana. :D

yang dibutuhkan untuk membackup data tentu saja seperangkat pc desktop atau laptop, kalau ga ada itu ya ga bisa lah! :Dalat - alat lainnya adalah cd-rw, dvd-rw atau dvd combo yang bisa anda dapatkan di toko komputer terdekat. terserah mau beli merek apa aja. tapi lebih baik sih beli yang dvd-rw. Karena bisa dipakai untuk membackup kedalam cd dan dvd. Tetapi kalau cd-rw dan dvd combo hanya bisa ngeburn cd saja. Harganya ga jauh beda lagi… Kalau sudah punya, langsung instal aja software neronya. Biasanya sudah dikasih ketika kita membeli dvd-rw atau cd-rw. kalo ga dikasih sih pinjem aja ketemen. hehehe… atau download aja, cari di http://www.google.com hehehe ketauan ga mau capenya deh. :P

Owh iya jangan lupa juga beli cd atau dvd kosongnya ya…!

Langusng kita mulai ngeburn… Disini saya menggunakan nero 6, walaupun udah jadul n sekarang udah ada yang versi nero 9nya, tapi menurut saya sih nero 6 lebih enak tampilannya. Mungkin karena kebiasaan aja kali ya.

Sip… kita mulai dari nyalain komputer dulu… zzzzzzz, tunggu sampe starting windows, ga usah di kasih tau kan caranya? colokin listrik jangan lupa. wakakakak…

lalu buka program neronya, oya pilih nero startsmart. Maka akan terlihat tampilan seperti ini


pada bagian atas nero pilih cd/dvd, agar semua menu terlihat. lalu pilih menu favorites. nah, pada tampilan ini terlihat menu seperti make data cd, ini berfungsi untuk memasukan file-file atau data kedalam cd.

Make data dvd untuk membuat data kedalam dvd.

Kita coba untuk membuat data cd… caranya masukan dahulu cd kedalam cd/dvd-rw, kemudian pilih make data cd. sebelum di klik icon make data cdnya diseblah kiri akan muncul tampilan open with: klik tanda panah kebawahnya, pilih nero express untuk memudahkan proses burning.


Untuk memasukan file yang mau kita burn klik add. lalu pilih deh mana yang mau diburn. misalkan folder kuliah kita masukan, caranya drag aja tuh foldernya ke nero expresnya di tempat yang kosong. atau bisa juga klik add, lalu klik finished. contohnya saya memasukan dokument yang bernama KULIAH


apabila file yang ingin kita burn telah dimasukan, klik next


Disini kita atur drive cd/dvd-rw misalkan cd/dvd rw ada di drive G seperti pada gambar, lalu tulis nama cd yang akan kita buat, misalkan cdnya kita namakan KULIAH, lalu atur kecepatan menulis data kedalam cdnya, pilih yang 24x. kemudian beri tanda cek di allow files to be added later (multisession disk), fungsinya untuk menambah file yang akan kita burn kedalam cd yang sama setelah proses burn yang pertama selesai. atau kita bisa menambah data kembali menggunakan cd yang sama yang telah kita burn, sehingga cd bisa di burn kembali. berbeda ketika kita beri tanda cek di verify data on disc after burning, kita tidak bisa memburn kedalam cd yang sama berulang kali.

Setelah kita atur semua, klik BURN. Tunggu proses burningnya… lama proses burning ini tergantung data yang kita masukan dan kecepatan menulis kedalam cdnya. ya… harus sabar menunggu lah.

setelah selesai akan ada kotak peringatan, klik oke lalu next… cdnya akan keluar sendiri, ga usah di pencet cd/dvd rwnya. selesai deh. Selamat Mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar